Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Tes Tertulis dan Psikotes Pendamping Desa 2016

Contoh Soal Tes Tertulis dan Psikotes Pendamping Desa 2016 - Download PDF Soal Pendamping Desa - Bagi anda yang sudah melakukan Pendaftaran Online Pendamping Desa Tahun 2016, mungkin tinggal menunggu jadwal pelaksanaan tes tertulis dan psikotes yang nanti akan diberitahukan lebih lanjut oleh panitia seleksi provinsi masing-masing. Pemberitahuan jadwal tes tertulis akan disampaikan melalui email anda yang sudah terdaftar saat registrasi online, jadinya sifatnya adalah undangan mengikuti seleksi tahap selanjutnya. Sementara menunggu pemberitahuan dan jadwal tes tertulis, alangkah baiknya kalau waktu luang yang ada ini diimanfaatkan untuk belajar hal-hal yang berkaitan dengan pendampingan desa atau pun tentang Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa beserta peraturan perundangan turunannya.

soal tes tertulis pendamping desa 2016
Contoh Soal Tes Tertulis Pendamping Desa

Dalam kesempatan update kali ini penulis ingin berbagi contoh soal psikotes dan tes tertulis yang bisa anda pelajari sebagai gambaran seperti apa kira-kira nanti bentuk soal-soal dalam pelaksanaan tes tertulis pendamping desa tahun 2016 ini. Jika kita kembali membaca pada Alur Seleksi Pendamping Desa 2016, sampai tahapan tes tertulis dan psikotes ini bobot nilainya baru 50%. Hasil penetapan tes tertulis ditentukan dengan sistem passing grade (info sementara, untuk seleksi 2016 ini akan menggunakan passing grade 35 atau minimal harus menjawab BENAR 35 soal dari 50 soal yang diberikan). Untuk psikotes, rekomendasi opini untuk setiap peserta ada 2, bisa “Disarankan” atau “Dipertimbangkan”.

Peserta yang lolos tahapan tes tertulis dan psikotes selanjut akan masuk pada tahapan Evaluasi Kualifikasi Data Peserta. Dalam tahap ini semua dokumen yang anda kirimkan (dan hardcopy) akan diperiksa kebenaran dan validitasnya oleh Tim Tujuh yang terdiri 3org dari Universitas Negeri setempat, 2org dari Satker Prov dan 2org dari Pusat dengan bobot penilaian 50%.

Hasil penilaian akhir merupakan akumulasi (penjumlahan) dari nilai tes tertulis, psikotes, evaluasi kualifikasi data peserta yang selanjutnya akan diumumkan dalam Hasil Seleksi Pendamping Desa 2016. Peserta yang dinyatakan lulus wajib mengikuti pelatihan pratugas sebelum dimobilisasi ke lokasi penempatan masing-masing.

Nah bagi anda yang ingin mempelajari seperti apa Contoh Soal Tes Tertulis dan Psikotes Pendamping Desa, silahkan diunduh soalnya pada link tautan dibawah ini. Semoga bermanfaat.



37 komentar untuk "Contoh Soal Tes Tertulis dan Psikotes Pendamping Desa 2016"

  1. Terima Ksaih atas Informasinya,

    BalasHapus
  2. Kurang relevan dengan Tugas Pendamping Desa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung Bpk Nasrudin belum baca soal tahun kemarin, kalau baca mungkin komentarnya akan lebih "dasyat" he he. Urusan relevan atau tidak itu urusan Pusat yang membuat soal pak, mungkin ada maksud dan tujuan yang kita awam kurang paham. Jadi serahkan saja pada yang memang berkompeten.

      Hapus
    2. Ass. Pak bagaimana caranya mengecek hasil ujian tertulis pendamping profesional ya dilaksanakan pada tanggal 28 mei 2016?

      Hapus
    3. Ass. Pak bagaimana caranya mengecek hasil ujian tertulis pendamping profesional ya dilaksanakan pada tanggal 28 mei 2016?

      Hapus
  3. pengumuman jadwal test tertulisnya untk jabar kapan ya? takut ada email yg keapus kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu saja email panggilan untuk mengikuti tes tertulis yang akan disampaikan langsung ke email pribadi yang sudah terdaftar di pansel.

      Hapus
  4. Tempat/lokasi tesnya di propinsi atau di kabupaten yah??? dan seandainya kita tdk ada emai panggilan apakah td boleh ikut tes?? bukankah kita sdh punya kartu peserta dgn nomor ujian?

    BalasHapus
  5. Tempat/lokasi tesnya di propinsi atau di kabupaten yah??? dan seandainya kita tdk ada emai panggilan apakah td boleh ikut tes?? bukankah kita sdh punya kartu peserta dgn nomor ujian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat/lokasi dan kapan tes tertulis akan ditentukan kemudian oleh pansel prov masing2. Biasanya PD dan TA di provinsi, sedangkan PLD di Kabupaten. Pengumuman peserta yang diundang mengikuti tes tertulisa disampaikan via email, media massa dan pengumuman yang ditempel di kantor BPMPD Prov/Kab/Kota dimana anda tinggal. Jika tidak terima email panggilan, cek langsung pada pengumuman di BPMPD setempat. Mohon dibaca juga artikel terbaru Prosedur Seleksi dan Penilaian Rekrutmen Pendamping Desa 2016

      Hapus
  6. soal pengetahuan pendamping desa sertakan kuncinya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicari sendiri jawabannya sambil belajar. Penting bagi peserta untuk sejak dini membekali diri dengan pengetahuan seputar undang-undang desa, dana desa, pendampingan desa dan pemberdayaan masyarakat. Karena tujuan tes tertulis adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dasar peserta terhadap bidang pekerjaan yang dipilih. Bagi yang motivasinya sekedar untung-untungan, nasib-nasiban ya jangan kecewa kalau gagal berkompetisi meraih nilai tertinggi.

      Hapus
  7. Thanks atas cth soalnya. Tapi mau tanya, apakah pembahasan soal-2 itu merupakan kunci jawaban atau jawaban bapak sendiri..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu ditanyakan siapa yang menjawabnya bapak, silahkan dicek sendiri kebenarannya dengan demikian sambil belajar dan mengingat. Contoh soal itu hanya untuk memberikan gambaran saja, bukan berarti soal2 itulah yang akan keluar nanti.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. bisa tidak menambah berkas data yang telah di kirim, kl bisa apa sk sebua ormas bisa di ikut sertakan,

    BalasHapus
  10. Bos seminggu sudah berlalu dari tanggal penutupan tp belum dapat email pengumuman tes tertulis nih. Kawan2 apakah sudah ada yang dapat email? Atau info pengumuman tes tertulis lewat media lain?

    BalasHapus
  11. Lokasi tes tertulis PLD dimana ya... Soalnya kalo di propinsi kami di kota sorong...tdk ada pesawat ataupun kapal yg berangkat hari ini dan besok semua sudah di booking...tadi saya kmoentar katanya tes tertulis Di kab/kota masing2... Trus lokasi kota sorong dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas ya, msh di perjalanan ke provinsi tadi. Lokasi tes Papua Barat di Auditorium Universitas Papua Jl. Gunung Salju Amban Manokwari Papua Barat

      Hapus
  12. kunci jawaban nya mana ya min?

    BalasHapus
  13. Gimana nie... Kami sudah datang di kampus Unipa... naik pesawat 1 jt... Tapi pihak pnyelenggara membatalkan Acara test tertulis... Bagaimana kelanjutan test yg bermasalah di papua barat.... minta nomor satker pusatkah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koq gitu ya Papua barat? Coba kontak ke pansel.pendamping@kemendea.go.id atau seknas.pmd@kemendesa.go.id untuk konfirmasinya. Bisa juga via Twitter @KemenDesa atau fb Kemendesa.1 supaya diteruskan lgsg ke Dirjen PPMD.

      Hapus

  14. Kapan info lulus atau tidak..hasil test tertulis..

    BalasHapus
  15. mkasih,,berbagi ilmu dan informasi itu sangat bermanfaat..semoga menjadi amal ibadahnya...amiin

    BalasHapus
  16. Gimana cara melihat daftar peserta yang lolos ujian tertulis dan tempat serta ruan kelas yang dipake untuk pelaksanaan psikotes

    BalasHapus
  17. Asalamu'alaikum sobat semua saya udah ikutseleksi pendamping desa tapi tidak lolos karna saya bukan orang PKB jadi kalau pengin lolos harus jadi orang PKB dulu karna didaerah lain ada yangg tidak ikut tes tapi ada namanya lolos karna dia orang PKB. disisi lain ada yang datang mau ikut tes tapi udah bawa kunci jawaban dari luar mereka bermain sangat kasar tidak baik untuk di ikuti ingat do'a orang terdolimi di ijabah sama Alloh dan salah satu do'a kami ada resafel kabinet yg goblog sekarang

    BalasHapus
  18. KKKKKKKEEEEEEEEECCCCCCCCEEEEEEEEWWWWWWWWWAAAAAAAAA

    BalasHapus
  19. untuk info hasil psikotes kemaren kira2 kapan ya di umumkan ... kalau sdh ada ... mohon di update infonya ya Min..
    makasih

    BalasHapus
  20. hasil psikotes diumumkan tgl 11? Apa betul, mohon infonya?

    BalasHapus
  21. hasil psikotes diumumkan tgl 11? Apa betul, mohon infonya?

    BalasHapus
  22. Benarkah ada pembukaan pendaftaran lagi ? bulan 10 2016 ini ?

    BalasHapus
  23. Tipsnya lengkap banget. Bagus sekali untuk freshgraduate yang belum paham tentang soal psikotes. Terimakasih informasinya

    BalasHapus
  24. dikasih kunci jawaban yg bagian pengetahuan desa dong min..

    BalasHapus