Panduan Cara Pengiriman Email Lamaran Pendamping Desa 2016
Cara Pengiriman Email Lamaran Pendamping Desa 2016 - Setelah tahapan
pengisian data pelamar pendamping desa selesai anda lakukan, maka langkah
selanjutnya yaitu mengirimkan berkas lamaran berupa dokumen softcopy (hasil
scan) ke alamat email panitia seleksi di masing-masing provinsi. Bagaimana cara
mengirimkan email tersebut? Simak panduan dan penjelasannya berikut ini.
Panduan Pengiriman Email Lamaran Pendamping Desa |
Jika anda sudah menyelesaikan proses registrasi online dengan
pengisian data yang benar pastinya anda akan mendapatkan Nomor Registrasi yang
tercantum dalam pesan tampilan layar seperti dibawah ini.
Selanjutnya anda diminta untuk mengklik link tautan http://pendamping2016.kemendesa.go.id/cetak.php untuk
melakukan proses cetak Kartu Seleksi. Masukkan Nomor Registrasi (8 digit) atau
NIK pada kolom yang tersedia dan klik tombol TAMPILKAN. Maka pada layar monitor anda akan muncul Kartu Seleksi
yang sudah terpasang scan KTP serta data pribadi anda seperti dibawah ini.
Kemudian tekan tombol Download Kartu yang terdapat dibagian bawah tampilan Kartu Seleksi
tersebut, maka anda akan mendapatkan file unduhan Kartu Seleksi anda dalam
format PDF. Nama file hasil download adalah KartuPeserta_12345678.pdf (diikuti Nomor Registrasi 8 digit anda)
atau KartuPeserta_xxxxxxxxxxxxxxxx.pdf
(diikuti 16 digit NIK anda) tergantung nomor yang mana yang anda masukkan pada
saat proses cetak. Simpan file PDF kartu peserta ini karena harus disertakan
juga dalam dokumen yang akan dikirimkan melalui email ke panitia seleksi
provinsi. Kedua, kartu tersebut juga wajib anda bawa nanti pada saat mengikuti
tes tertulis, tentu saja yang dibawa saat tes adalah hasil printnya bukan
file.
Berikutnya perhatikan kembali ke gambar-1 diatas,
tulisan “Pengumuman tes tertulis akan
diinformasikan lebih lanjut melalui email yang terdaftar”. Maksudnya, kapan
waktu atau tanggal pelaksanaan tes tertulis akan diberitahukan langsung oleh
Panitia Seleksi Provinsi ke alamat email pribadi yang anda cantumkan saat
mengiisi data email. Jadi usahakan jangan menggunakan alamat email orang lain,
teman atau keluarga. Resiko kalau informasinya tidak disampaikan oleh pemilik
email kepada anda silahkan tanggung sendiri.
Masih di gambar-1 juga terdapat pemberitahuan, “Peserta diwajibkan mengirimkan dokumen
softcopy (kartu peserta seleksi, ktp, cv, ijazah terakhir dan dokumen pendukung
sesuai cv) ke alamat email sesuai domisili provinsi pelamar”. Maksudnya
adalah semua berkas dokumen yang diminta tersebut harus anda kirimkan ke
panitia seleksi di provinsi masing-masing. Perhatikan dibagian bawah gambar-1
terdapat alamat email tujuan pengiriman yaitu panselpp2016.jateng@outlook.com.
Kenapa dikirim kesini ? Karena si pelamar (lihat gambar-2) berasal dari Kota
Surakarta Provinsi Jawa Tengah. Kalau anda berasal dari Kabupaten Nias Sumatera
Utara, maka anda diharuskan mengirimkan dokumen ke alamat email panselpp2016.sumut@outlook.com.
Kalau anda dari Kalimantan Selatan maka alamat email panitia pun secara
otomatis akan berganti menjadi panselpp2016.kalsel@outlook.com. Demikian penjelasan yang
dimaksud alamat email sesuai domisili provinsi masing-masing. Jadi kesimpulannya jangan
bingung, kirimkan saja dokumen anda ke alamat email yang tercantum di bagian
bawah pesan registrasi tersebut.
Daftar
Dokumen Softcopy Yang Harus Dikirimkan Pelamar :
1. Kartu
Peserta / Kartu Seleksi (hasil download berupa file dalam format PDF)
Untuk kartu peserta ini nama filenya tidak perlu dirubah lagi.
2. KTP
(scan dalam format JPG)
File scan ktp anda diberi nama dengan format:
KTP-nomor registrasi-nama lengkap, misalnya KTP-62254287-Abdul
Azis.jpg.
3. CV atau
Curiculum Vitae (Riwayat Pengalaman Kerja)
File curiculum vitae bisa dalam format Word (*.doc),
Excel (*xls) atau PDF. Pilih salah satu mana yang lebih mudah dan gampang anda
membuatnya. Nama file cv dibuat dengan format: CV-nomor registrasi-nama
lengkap, sehingga hasilnya menjadi CV-62254287-Abdul
Azis.doc (jika dalam format word).
4. Ijazah
Terakhir (SMA/S1/S2/S3)
File scan ijazah anda beri nama dengan format:
Ijazah-SMA-nomor registrasi-nama lengkap. Contoh ini untuk pelamar posisi PLD,
sehingga nama file menjadi Ijazah-SMA-62254287-Abdul
Azis.jpg.
5.
Keterangan Kerja
Yang dimaksud keterangan kerja disini adalah Surat
Keterangan Pengalaman Kerja atau Referensi sesuai pengalaman kerja anda.
Misalkan anda pernah menjadi menjadi Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dalam
program PNPM-MPd, maka mintalah Surat Keterangan Pengalaman Kerja yang
ditandatangani Camat atau Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PjOK) di
kecamatan mana anda bertugas sebelumnya. Beri nama file scan surat keterangan
tersebut dengan format: Keterangan Kerja-nomor registrasi-nama lengkap,
sehingga nama file menjadi Keterangan Kerja-62254287-Abdul
Azis.jpg. Jika keterangan kerja yang ingin anda lampirkan lebih dari
satu, beri tambahan nomor urut pada nama file sehingga menjadi Keterangan Kerja01-62254287-Abdul Azis.jpg dan
seterusnya.
6.
Sertifikat
Yang dimaksud sertifikat disini adalah sertifikat
pelatihan/kursus atau sertifikasi khusus (jika ada) bagi tenaga teknis S1 Teknik
Sipil. Misal pada contoh diatas pengalaman sebagai KPMD, pastinya sudah pernah
mengikuti Pelatihan KPMD di Kecamatan atau Kabupaten dan mendapatkan
Sertifikat. Jika sudah pernah mengikuti pelatihan tapi tidak pernah diberi
sertifikat tidak perlu bingung, selama anda masih memiliki Surat Keterangan
asli (hardcopy) pada poin no 4. Kirimkankan softcopynya dan bawa hardcopy Surat Keterangan Pengalaman Kerja (hardcopy) pada saat tes tertulis. Jika ada yang ingin melampirkan sertifikat kursus/pelatihan komputer dipersilahkan saja, sebagai bukti bahwa anda memang mampu mengoperasikan komputer (word, excel, powerpoint) dan internet. Sepanjang masih masih ada kaitannya dengan kualifikasi yang diminta serta CV yang anda buat.
Cara
Mengirimkan Email Dokumen Softcopy :
1. Masukkan semua file yang dijelaskan diatas ( 1 s/d 6)
kedalam folder sendiri dan diberi nama Dokumen-Softcopy-nomor registrasi-nama
lengkap. Misal sesuai contoh diatas maka nama folder menjadi Dokumen-Softcopy-62254287-Abdul Azis. Lihat
gambar dibawah ini
2. Jika folder yang dibuat tadi berisi banyak file scan
berformat JPG dengan resolusi tinggi, pastinya ukuran masing-masing file juga
akan besar. Lakukan kompresi pada semua file JPG agar ukuran kilobyte-nya (Kb)
menjadi lebih kecil dan ringan saat dikirimkan via email. Jika kesulitan atau
tidak paham yang dimaksud kompresi image, mintalah bantuan teman atau saudara
anda yang lebih paham. Selanjutnya kompresi folder Dokumen-Softcopy-62254287-Abdul Azis yang berisi semua dokumen yang akan dikirimkan
tadi menjadi format RAR. Caranya klik kanan pada folder tersebut, kemudian
pilih opsi “Add to archive” atau “Add to Dokumen- Softcopy-62254287-Abdul
Azis.rar”.
3. Hasil akhirnya folder dokumen lampiran email yang
akan anda kirim sudah terkompresi dalam bentuk file RAR. Dengan begini
pengiriman email akan lebih cepat karena ukuran kilobyte folder lebih ringan. Ingat ukuran besar file lampiran email jangan lebih dari 15 MB (mega byte). Jika ukuran folder RAR yang dibuat tadi ternyata lebih dari 15 MB (total maksudnya), maka ulangi dari langkah ke-1 berarti masih ada file hasil scan yang harus anda kompresi/perkecil ukuran size-nya.
4. Kirim email ke alamat panitia seleksi sesuai
domisili provinsi anda: panselpp2016(nama-provinsi)@outlook.com. Pada
bagian subyek email tuliskan: nomor registrasi-nama lengkap, misalnya 62254287-Abdul Azis. Jika anda rajin menulis,
cobalah ketik pada bagian isi email sekedar pelengkap saja, misalnya seperti
ini: Bersama ini saya kirimkan dokumen
softcopy atas nama Abdul Azis, Nomor Registrasi 62254287 sebagai dokumen pendukung
untuk lamaran saya sebagai Pendamping Lokal Desa (PLD). Hormat saya, Abdul Azis.
Kemudian lampirkan file folder RAR yang telah disiapkan tadi dan KIRIM.
Cara Kirim Email Dokumen Softcopy Pendamping Desa 2016 |
5. Selesai, selanjutnya tinggal berdoa saja semoga
anda menjadi orang yang beruntung menerima email dari panitia seleksi provinsi
yang memberitahukan bahwa anda diundang untuk mengikuti tes tertulis beserta
jadwal dan informasi lainnya.
Mas mau tanya, saya sudah kirim @mail tapi kok jawabannya :Delivery to the following recipient failed permanently. nwn
BalasHapussama saya juga gagal mengirim email "Delivery to the following recipient failed permanently"
BalasHapusBeni (bangka Belitung)
Benny Erwandi, Saya rasa solusinya anda harus bikin alamat email yang baru.
HapusCoba Pakai Chrome biasanya kalo pake Mozilla muncul seperti itu.
Hapusuntuk pengiriman file usahakan memperkecil filenya cukup menggunakan file pdf, sehingga tidak banyak yang di upload nantinya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusTerima kasih infonya... kebetulan saya mengirim semua file dalam bentuk PDF dengan satu-satu file setiap dokumennya.. sementara teman-teman dalam bentuk JPEG yang diZIP-kan.. mana yang lebih baik..??
Hapusadminnnya kemana ini kok g' ada yg jawab....masalahnya idem g' bs kirim email
BalasHapusGan klo blh tau kontraknya brp tahun ya? Ada kmgkinan dprpanjang GA? Trmksh
BalasHapussaya sudah daftar,ketika mau cetak kartu, data tidak ditemukan
BalasHapusUntuk pld yg lulus 2015, apakah masih bisa mendaftar kembali untuk pilihan pd di kecamatan pak? mohon informasinya. trimakasih
BalasHapusKalo misalkan salah pada pengisian form pengalaman gmn,, lupa dikalikan dengan 12 gmn,, tdk bs di cetak kartu,, dan masuk email pansel,
BalasHapus"Terimakasih telah ikut berpartisipasi dalam proses Registrasi Tenaga Pendamping Profesional
Mohon maaf anda belum memenuhi kualifikasi minimum posisi yang anda pilih
Posisi yang anda Minati Adalah : Pendamping Desa Teknik Infrastruktur
Pengalaman Tidak Memenuhi Syarat, Untuk Pendikan S1, Pengalaman Minimum adalah 24 Bulan, Pengalaman Anda Pada Saat Pendaftaran Adalah 16 Bulan"
saya juga punya masalah yang sama! gmn ya solusinya?
HapusKalo misalkan salah pada pengisian form pengalaman gmn,, lupa dikalikan dengan 12 gmn,, tdk bs di cetak kartu,, dan masuk email pansel,
BalasHapus"Terimakasih telah ikut berpartisipasi dalam proses Registrasi Tenaga Pendamping Profesional
Mohon maaf anda belum memenuhi kualifikasi minimum posisi yang anda pilih
Posisi yang anda Minati Adalah : Pendamping Desa Teknik Infrastruktur
Pengalaman Tidak Memenuhi Syarat, Untuk Pendikan S1, Pengalaman Minimum adalah 24 Bulan, Pengalaman Anda Pada Saat Pendaftaran Adalah 16 Bulan"
Mau tanya, di email yg saya terima tidak disuruh cantumkan kartu peserta jadi saya hanya mengirim KTP, CV, Ijazah, Keterangan Kerja, Sertifikat saja.
BalasHapusDan apakah setelah mengirim file tsb akan ada email balasan atau tidak? Karena saya tdk menerima email konfirmasi. Terimakasih.
Mau tanya, di email yg saya terima tidak disuruh cantumkan kartu peserta jadi saya hanya mengirim KTP, CV, Ijazah, Keterangan Kerja, Sertifikat saja.
BalasHapusDan apakah setelah mengirim file tsb akan ada email balasan atau tidak? Karena saya tdk menerima email konfirmasi. Terimakasih.
Kalau sudah terlanjur kirim tidak masalah, tapi alangkah baiknya sebenarnya disertakan saja file PDF kartu tersebut memang benar andalah pemilik nomor registrasi xxxxxxxx. Berarti anda tidak memperhatikan dengan cermat saat berhasil menerima pesan telah berhasil melakukan registrasi.
HapusMasalah saya juga seperti itu. Apakah saya bisa mengirim ulang lagi dg menyertakan kartu pesertanya?
Hapusbisa saja
HapusOk...makasih balasannya. Tp dah saya coba kirim lewat ponsel, tp kok ga mau terkirim ya? Help me...please!!! :-)
Hapuskalau ijasah S1 belum keluar apa bisa diganti dg surat keterangan lulus atau sejenisnya??
BalasHapusMengulang lagi kasus temuan pada rekrutmen 2015 nih, jawabannya TIDAK BOLEH. Gunakan saja ijazah SMA dulu.
HapusSayang saya cuma tamat smp kalau tidak saya mau juga ikut seleksi.
BalasHapussetelah membaca petunjuk pengiriman email ke pansel saya coba untuk kirim berkas saya dan ternyata berhasil. makasih admin atas bantuannya.
BalasHapussaya juga udah coba lakukan sesuai dengan petunjuk...tapi masih gagal...mhn bantuannya ya..
Hapusmgkin foto ktp terlalu besar
Hapus@Franky
HapusTks juga, berarti ngga sia-sia sudah capek2 nuliskan panduannya :D
Semoga sukses ya
batas waktu pengiriman softcopynya kapan yah pak ??
HapusHari ini terakhir pendaftaran dan pengiriman dokumen pukul 24.00 WIB
HapusJika seorang sering ikut dalam berbagai kegiatan desa tetapi tidak memiliki surat keterangan kerja hanya berupa sertifikat apakah bisa ikut mendaftar
HapusJika seorang sering ikut dalam berbagai kegiatan desa tetapi tidak memiliki surat keterangan kerja hanya berupa sertifikat apakah bisa ikut mendaftar
HapusBisa lampirkan sertifikat
HapusMo minta tlg min, bgmn cara mengisi kolom pengalaman pembangunan desa atau pemberdayaan masy. Yang terjadi setelah ngisi kolom tersebut dan submit yang muncul adalah tulisan " please match the request format". Trims bantuannya.
BalasHapusMohon dibaca pada artikel Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa.
Hapussaya kirim email balasannya Delivery to the following recipient failed permanently...
BalasHapusmohon bantuannya agar bisa kirim email...Email saya pruerita225@gmail.com
apakah ada balasanya langsung di email kita setelah mengirimkan data pendamping desa?
BalasHapusminta tolong bagaimana utk bisa kirim email...saya kirim gagal terus balasannya Delivery to the following recipient failed permanently.
BalasHapusBuka email ya bu, saya sudah kirim email ke alamat email erita pru mohon ditanggapi secepatnya. Tks
HapusCoba cek di Pesan Terkirim pada akun Gmail anda. Pilih pesan yang baru saja anda kirim ke panselpp2016. Perhatikan ada panah kecil hitam disamping tulisan ke panselpp2016..., klik panah>Tampilkan detail.
BalasHapusdari : Pendamping Desa
kepada : panselpp2016.jateng@outlook.com
tanggal : 7 Mei 2016 18.00
perihal : 12345678-tes kirim
dikirim oleh: gmail.com
Pastikan pada bagian kepada (alamat email yang dituju sudah benar). Jangan sampai ketinggalan tanda titik setelah panselpp2016 atau menambahkan spasi.
Sbg contoh kiriman saya :
HapusKepada : panselpp2016.babel@outlook.com
subjek : xxxxxxxx-nama asli
saya rasa sudah dipastikan email yg dituju tidak salah lagi dlm pengetikannya soalnya kita copas dr email yg dibalas saat registrasi. Dan berkas yg saya krim 13... mb. Klo gk salah max 15 mb. Berulang kali saya kirim tetap masih gagal. Masalah apa lagi y... ??? Mohon sulusinya..
Sudah saya tes kirim email ke panselpp2016.babel@outlook.com sukses tidak ada masalah. Kalau email dengan ukuran lampiran diatas 5MB dianjurkan untuk menggunakan laptop atau PC, menggunakan perangkat mobile cenderung bermasalah karena proses scanning (upload) lampiran yang lama dan ketika sinyal putus dipastikan lampiran tidak akan termuat dengan sempurna, kadang hanya foldernya saja isi didalam folder kosong.
HapusKalau masih gagal juga mohon kirimkan email notifikasi gagal pengirimannya, forward ke masmiptahku@gmail.com.
Hapusbagaimana cara mendaftar ulang jika data yg sudah dikirim terdapat kesalahan pengisian ??
BalasHapusuntuk pengalaman apakah bisa diisi dengan ketua PKK.
BalasHapusklo bsa,apakah surat keterangan bisa dari RT?
Bisa saja, S.Ket tdtangan Kades atau Camat
HapusMau banget ngabdi d daerah,,apa lagi daerah sendiri,,ijazah S1 namun umur lwt 5 thn,,ahhh
BalasHapusPendamping Desa mohon bantuannya,saya sudah mendaftar dan sudah teregistrasi, namun sampai saat ini saya blum menerima kiriman nomor Registrasi saya. ini alamat email saya agu.rumayom19@gmail.com
BalasHapusCoba anda masuk ke menu cetak Kartu Seleksi di http://pendamping2016.kemendesa.go.id/cetak.php kemudian masukkan NIK anda (16 digit) dan Klik tombol TAMPILKAN. Jika berhasil maka anda akan melihat Nomor Registrasi pada kartu tersebut. Contoh kartu pada gambar-2 diartikel ini kurang lebihnya sama seperti anda, nomor registrasi ada tapi tidak bisa cetak kartu. Tapi begitu dicoba input dengan NIK, ternyata sukses. Dicoba dulu ya mas Lionel.
HapusLuar biasa tidak ada toleransi sedikitpun.
BalasHapusMenurut saya dengan cara bgini hanya mempersulit calon pelamar. Meeugikan satu pihak. Salah ketik satu huruf aja dipastikan hilang kesempatan.
Permasalahannya bukan tidak ada toleransi atau mempersulit calon pelamar mas Dafril. Mohon berhati-hati dalam komentar anda. Bayangkan kalau anda disuruh mentransfer sejumlah uang oleh adik anda yang sedang sakit, kemudian anda salah 1 digit saja saat mengetik no rekening adik anda itu. Uangnya masuk rekening orang lain dengan nama yang mirip, kira2 kesalahan siapa kalau ternyata adik anda sebelumnya sudah memberitahukan no rekeningnya dengan jelas kepada anda ??
Hapusbagai mana cara mengrim berkas ke pansel sementara saya belum punya email : pansel Provinsi, tolong kalau bisa email :panselProvisiNTB..terimakasih
Hapuspanselpp2016.ntb@outlook.com
Hapusmohon infonya pak. bagaaimana kalau saya belum memiliki pengalaman apakah saya bisa mendaftar ? dan apa sebaiknya yang saya isi dikolom pengalaman ketika registrasi online, agar tidak ada kendala. terima kasih pak.
BalasHapusapakah masih bisa diperbaiki ketita terlanjur registrasi dan mempunyai kesalahan penulisan di pengalaman kerja !!? mohon tanggapannya
BalasHapussaya sudah berusaha mengirim sofcopy lamararan tapi kok gagal terus yah,.. mohon pencerahannya dari panselpp2016..
BalasHapusSudah dibalas lewat email pak agus, semoga sukses ya !
HapusMohon petunjuk admin, scan KTP.nya cukup halaman depan saja atau harus dua halaman dalam satu file. Kok yg tampil dlm kartu penaftaran cm halaman depan saja. Trims
BalasHapusHe he depan saja bos..!!
HapusSalam.. Yang ingin saya tanyakan, tiap file yang akan dikirimkan apakah boleh langsung di lampirkan satu-satu tanpa di gabung atau diRAR dulu..?
BalasHapusTerimakasih
Boleh saja
HapusAss. Mau nanya, setelah berkas dikirim ke email privinsi apakah langsung ada email balasan. terimakasih....
BalasHapusKadang ada yang terima balasan ada juga yang tidak, yang penting sudah dipastikan terkirim dengan sukses dan alamat email yang benar melalui pengecekan di Email Terkirim. Pemberitahuan selanjutnya akan dihubungi ke email anda jika dipanggil untuk mengikuti tes tertulis.
HapusPendamping Desa
HapusTerima kasih penjelasannya karena sayapun belum menerima email balasan.
Dan semoga pada saatnya dihubungi ke email saya untuk mengikuti tes tertulis. /I\
Kepada Yth Pendamping Desa
BalasHapusSaya Sudah Daftar registrasi
Nama : hartono
Nik : 1707092401830001
Permasalahanmya salah alamat Email.
tonocs@gamil.com yang Benar adalah tonocs23@gamil.com
kira-kira bagai solusinya atau jalan keluarnya.
atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terimasih
(ttd)
Pak Tono masuk ke menu cetak Kartu Seleksi, disitu ada 3 kolom isian, 1.No Registrasi/NIK 2.Kirim ulang email (masukkan email bapak yang benar dikolom 2 ini) dan 3. Kode captcha
HapusMohon Petunjuknya Admin, apakah bisa semua file nya dibuat PDF mulai dari CV sampai dengan Sertifikat, terima kasih
BalasHapusSilahkan saja mas..
HapusSalam Berdesa
BalasHapusBuat Sudara (i) Admin,
dari no.14115608
Apa boleh diperbesar tampilan KTP pada kartu ujian karena terlalu kecil kami seting pd Paint. Dan bgm mekanismenya Tks....
Tidak bisa pak dirubah lagi pak
Hapuskenapa pilih kecamatan dan pilih kabupatenya tidak muncul listnya??
BalasHapusmau nanya ne mas klu lupa no regestrasinya tuh gmna ya mas ?
BalasHapusBerarti belum cetak kartu? coba masukkan NIK ktp 16 digit di menu cetak kartu, kalau berhasil maka nomor registrasi akan terlihat pada kartu seleksi. Jangan lupa kartunya di download
Hapusklu sudah lngsung kirim ke panselpp2016(nama-provinsi)@outlook.com ya mas
HapusKalau semua persyaratan yang diminta sudah siap silahkan saja dikirim. Periksa lagi semuanya dengan santai, jangan terburu-buru. Kartu Seleksi itu PDFnya lampirkan juga ya
HapusMas mau tanya ini saya sudah melakukan registrasi online, slanjutnya gambar 1 registrai sudah berhasil.tetapi gambar tersebut tidak muncul..? gimana solusinya mas terimakasih
BalasHapusOke coba anda masuk ke menu CETAK di halaman web pendaftaran. Masukkan NIK katp anda 16 digit angka dan alamat email anda yang BENAR. Jika berhasil maka kartu dapat dicetak dan download PDFnya, nomor registrasi akan terlihat pada kartu seleksi tsb.
HapusMas Admin saya udah kirim 1 kali trus tiba2 mati lampu.. setelah itu saya kirim balik dan setelah saya cek di berita terkirim ternyata terkirim dua kali itu gimana ya mas Admin.. tq tlg pencerahannya mas..
BalasHapusTidak jadi masalah terkirim 2 kali mbak.
HapusMohon alamat email pansel untuk provinsi NTT
BalasHapuspanselpp2016.ntt@outlook.com
HapusSiang admin... Bgmn mn kalau pengalaman kerja di ganti dgn surat keputusan. Soalnya sangat jauh kalau mau ke sumatera lgi buat. Mksh sebelumnya
BalasHapusBoleh saja pakai SK yang penting legal dan asli bisa dipertanggungjawabkan bu.
HapusIjazah Terakhir maksudnya apakah daftar transkrip nilai akademik dilampirkan juga ?
BalasHapusCukup ijazah saja pak, transkrip tidak perlu dilampirkan.
HapusMohon penjelasan sari admin
BalasHapusSaya sudah kirim file berkas lamaran namun file tersebut tidak saya sayukan dalam satu folder dokumen soft copy dan file tersebut sudah diterima di provinsi tempat sayaendaftar. Apakah boleh file tersebut lepas tanpas di masukkan le dalam folder dokumen sesuai ketentuan yh di syaratka.
Teriama kasih dan mohon penjelasannya
Tidak masalah kalau dokumen lampiran tidak dimasukkan dalam 1 folder sendiri. Yang penting setiap file lampiran sudah diberi nama file sesuai format yang diminta. Sedangkan tujuan dari penjelasan pada artikel dimaksudkan untuk memudahkan peserta mengkompresi folder lampiran kedalam format RAR supaya ukurannya bisa lebih kecil dan ringan saat pengiriman email ke pansel, itu saja.
HapusDokumen saya sudah dikirim...
BalasHapusMohon informasi lanjutannya...
proses seleksinya kapan diinformasikan..
Mas Roni, gimana cara pengiriman CV atau Curiculum Vitae, apa hrs discan jg atau langsung sj dikirim setelah diketik tanpa tanda tangan a/ foto, krn klo discan otomatis halamannya tidak bersambung, sementara CV sy ada 3 lembar
Hapus@Roni. Saat pesan registrasi berhasil sudah ada penjelasannya dibawah nomor registrasi.
HapusIbu Fitriani Ani..
HapusJika Komputer/Labtob ibu menggunakan Windows 7 /10... Maka ibu bisa langsung mengubah File Word ke PDF. Caranya :
1. Buka File tersebut.
2. klik menu : File (Bagian kiri atas)
3. Klik Menu : Save As
4. klik Menu : Save As Type dan pilih tulisan PDF
5. Klif Menu : Save
setelah itu akan muncul file yang baru dalam bentuk PDF dengan urutan halaman sesuai dengan aslinya pada file word. Kalau untuk tandatangan memang harus discan dulu untuk diinsert pada bagian tandatanga dalam file word yang ada baru langkah diatas dilakukan.. sekian dan selamat mencoba..
Trima Kasih Pa' atas infonya
HapusMohon petunjuknya Pa' Admin gimana cara pengiriman CV atau Curiculum Vitae, apa hrs discan jg atau langsung sj dikirim setelah diketik tanpa tanda tangan a/ foto, krn klo discan otomatis halamannya tidak bersambung, sementara CV sy ada 3 lembar
BalasHapusKoq langsung nanya mbak? Belum dibaca ya penjelasan diatas no.3 tentang CV atau Curiculum Vitae ? Silahkan pilih mana yang sekiranya termudah saja karena tidak ada ketentuannya dari pansel.
HapusIbu Fitriani Ani..
HapusJika Komputer/Labtob ibu menggunakan Windows 7 /10... Maka ibu bisa langsung mengubah File Word ke PDF. Caranya :
1. Buka File tersebut.
2. klik menu : File (Bagian kiri atas)
3. Klik Menu : Save As
4. klik Menu : Save As Type dan pilih tulisan PDF
5. Klif Menu : Save
setelah itu akan muncul file yang baru dalam bentuk PDF dengan urutan halaman sesuai dengan aslinya pada file word. Kalau untuk tandatangan memang harus discan dulu untuk diinsert pada bagian tandatanga dalam file word yang ada baru langkah diatas dilakukan.. sekian dan selamat mencoba
setelah halaman/lembar pertama selesai di scan form PDF, maka otomatis muncul tulisan pemindaian selesai lalu klik Pindai( maka akan melanjutkan scanan) Keluar (Maka akan menyimpan scan) tinggal ganti aja lembar pertama dgn lembar kedua bgt jga selanjutnya, atau buat saja format Jpg(foto), masukan ke Microsof word tinggal diedit -save AS- Save as type nya PDF, selesai.
BalasHapusTQ gan..
BalasHapusuntuk pengiriman berkas hardcopy kemana....aku mendaftar di Jateng
BalasHapusSimpan di lemari dulu mas he he. Hardcopy dibawa nanti saat tes tertulis aja ya..!
Hapuspanselpp2016.jateng@outlook.com
BalasHapusPagi admin.... Saya sdh kirim softcopy ke panselsulsel. Kira2 kpn blsan yach. Email kami amelianda15@gmail.com kmi tunggu pencerahannya
BalasHapusTunggu saja kabar dari pansel langsung ke email pribadi anda yang terdaftar saat registrasi.
HapusSaya sudah melakukan tahapan tersebut tapi ketika registrasi no nik saya lakukan tidak ada tombol cetak kartu bagaimana itu??
BalasHapusMenu CETAK ada di pojok kanan atas menu navigasi di halaman website Kemendesa atau ikuti link ini http://pendamping2016.kemendesa.go.id/cetak.php, disitu ada 3 kolom isian, isikan saja nomor registrasi/NIK, email dan kode captcha dan tekan tombol TAMPILKAN.
HapusJika yang dimaksud adalah tombol Download Kartu tidak muncul, coba refresh ulang halaman web tersebut atau buka di tab baru.
admin mohon petunjuknya data yang keluar kyak gni..
HapusMohon Maaf Format Data yg Anda Masukkan Salah
Status Pernikahan -> yang anda pilih tidak tersedia
Alamat -> Hanya Huruf, Angka, spasi, dash, titik, koma, slash, backslash yg diperbolehkan dan panjang 5 sampai 200 Karakter (Jalan A.Yani RT/RW 005/- kelurahan sungaiselan atas kecamatan sungaiselan
tolong kasih contohnya....
admin mohon petunjuknya data yang keluar kyak gni..
BalasHapusMohon Maaf Format Data yg Anda Masukkan Salah
Status Pernikahan -> yang anda pilih tidak tersedia
Alamat -> Hanya Huruf, Angka, spasi, dash, titik, koma, slash, backslash yg diperbolehkan dan panjang 5 sampai 200 Karakter (Jalan A.Yani RT/RW 005/- kelurahan sungaiselan atas kecamatan sungaiselan
tolong kasih contohnya....
Status pernikahan pilih apa? Pilihannya kan cuma 2 Menikah atau Tidak Menikah. Untuk alamat contohnya: Jl.A.Yani RT 05 RW 03 No 27 Kelurahan Sungai Selan Atas Kecamatan Sungai Selan. Tidak harus ditiru sama persis seperti di KTP karena apa yang ditulis di KTP itu menghemat ruang karena tempat penulisan kecil/sempit. Ikuti saja seperti yang saya contohkan.
Hapusselamat malam, mohon bantuan nya . saya baru pindah k daerah lain dan saya hanya memegang kartu tanda penduduk sementara. kira-kira itu bisa g saya kirim kan. mohon pencerahan ny
BalasHapusKalau pindah daerah tapi masih dalam wilayah 1 provinsi ktpnya bisa saja, yang tidak bisa antar provinsi.
Hapussaya sama sekali belum pernah daftar namun ketika saya mendaftar dan masukan no NIK KTP balasannya malah saya sudah pernah mendaftar atau sdh terdaftar mohon bantuaannya
BalasHapusNah lo..!! Yang begini biasanya pernah upload scan KTP di internet akhirnya data ktpnya dicuri orang lain buat percobaan ndaftar.
Hapusbagaimana dengan format Sk yang 4 lembar cr penulisan utk format itu bagamana?
BalasHapusMohon maaf pertanyaannya kurang jelas, sk yang 4 lembar apa maksudnya?
HapusMas Admin, bagaiman solusi jiga tidak ada email balasan dari kemendes,? tapi cetak kartu bisa,? apa bisa dikirim aja dokumennya.
BalasHapusYa betul mas Adit, email balasan tidak perlu ditunggu, cepat kirim saja dokumen pendukung yang diminta ke alamat email pansel.
HapusRegistrasi sukses dan belum ada confirm email, ketika cetak kartu "Data yang anda cari tidak ditemukan!" Bagaimana????????
BalasHapusJangan nunggu email balasan ! Gunakan NIK 16 digit untuk menampilkan kartu dimenu CETAK, pilih TAMPILKAN kemudian download kartunya.
Hapusselamat sore pak admin...
BalasHapusnama saya :amin bersih halawa
alamat : sifaoroasi
prov :sumut
no.hp :082369544843
mohon bantuanya pak..gimana kalo email yg saya cantumkan pada register, tidak terbuka kembali..apa boleh saya kirim berkas saya dengan alamat email lain..tapi saya lengkapi formatnya sesuai dengan nomor kartu yg sudah saya download.....
Slmt mlm pak Amin, emailnya kenapa pak lupa password? Bapak boleh gunakan email baru. Cara buka lagi menu CETAK, isikan alamat email bapak yang baru dikolom baris ke-2 yang ada tulisan Kirim Ulang Email. Kemudian kirim dokumen bapak ke pansel dengan menggunakan alamat email baru tadi.
Hapusgmnaa caranya mengubah datah yg terkirim
BalasHapusMaaf data yang sudah terkirim tidak bisa dirubah lagi
HapusMinta info mengenai pengalaman kerjanya dibidang apa saja.....menjadi pengurus rt apa bisa
BalasHapusMohon dibaca lagi pada artikel Cara Pengisian Data Lamaran Pendamping Desa ya pak..
Hapusadmin mau nanya, untuk mengetahui bahwa emailnya sudah sampai ke panitia atau belum gimana yah? trims
BalasHapusadmin mau nanya, untuk mengetahui bahwa emailnya sudah sampai ke panitia atau belum gimana yah? trims
BalasHapusCek saja di folder Email Terkirim pada akun email anda, cek alamat pansel sudah benar atau belum jangan sampai ketimggalan titik atau 1 hurup pun ! Kemudian periksa lagi di folder SPAM, siapa tau email balasan pansel nyasar salah kamar. Kalau tidak ada juga ya sudah jangan risau, karena memang banyak yang tidak terima email balasan/konfirmasi. Yang penting anda sudah pastikan email itu TERKIRIM KE ALAMAT YANG BENAR. Tunggu saja pemeberitahuan selanjutnya mengenai tes tertulis di email pribadi anda.
Hapusmohon info pelaksanaan test tertulis prov. jateng kira2 kapan ya ? nuwun
BalasHapusTunggu saja pemeberitahuan selanjutnya mengenai tes tertulis di email pribadi anda.
Hapusmakasih bang admint...1 lagi,,minta alamat email provinsi Bangka Belitung...
BalasHapuspanselpp2016.babel@outlook.com
HapusSelamat malam admin.. saya dan suami sama-sama ikut daftar dan scan KTP jg sama. Dan pada saat pendaftaran up load KTP ternyata yg ter upload KTP suami. Ketahuan setelah cetak kartu yg tertera KTP suami. Apakah kita bisa memperbaikinya dan apakah kartunya bisa kita pakai? Dan apa yg harus kita lakukan untuk hal ini.. terima kasih..
BalasHapusAda-ada aja nih ibu ..! Untung bukan scan surat nikah bu ya he he. Kalo boleh saran, sementara biar cetak aja kartu yang ada. Nah saat kirim dokumen ke pansel lampirkan juga scan KTP yang benar dan tuliskan dalam email itu penjelasan mengenai kesalahan upload scan KTP. Bila perlu lampirkan juga Kartu Keluarganya biar panselnya yakin kalau nama Lampasu adalah ibu sendiri dan si X adalah suami ibu. Saya pikir cuma kesalahan itu masih bisa ditolerir. Coba aja ya bu
Hapustanya pak, masalah saya tentang jumlah bulan dalam pengalaman kerja.
BalasHapussaya tidak masukkan jumlah nominal bulan yang diminta, namun terlanjur terkirim. pengalaman kerja sudah mencapai 78 bulan namun saya masukkan 36.bagaimana solusinya biar saya bisa mesukkan jumlah bulan sesuai dgn SK yg saya pegang berjumlah 78 bulan tersebut.
mohon bantuannya...
Status pendaftarannya gimana sukses atau gagal? Kalau posisi yang dipilih PLD atau PD, terinput 36 bulan seharusnya masuk karena syaratnya minimal 24 bulan. Nah kalau TA pasti gagal! Tidak ada cara untuk memperbaiki, berdoa saja semoga dipanggil mengikuti tes tertulis dan disaat itulah nanti anda mengklarifikasi data CV yang sebenarnya.
Hapusmau tanya... pendaftaran udah selesai, tapi belum ada balasan ke email saya
BalasHapusTidak usah nunggu email balasan, yang penting sudah terkirim dan pastikan alamat panselnya sudah benar. Cek di email terkiri. Tunggu saja pemeberitahuan selanjutnya mengenai tes tertulis di email pribadi anda.
HapusTanya pak gimana kalau suda di kirim tapi ada kesalaha mengetik di Subjek itu gimana pak?
BalasHapusKarena kesalah di subjek maka saya kirim ulang lagi. Tidak apa-apa kalau saya kirim dua kali. Terima kasih atas penjelasannya.
Kirimkan lagi dengan subyek email yang lengkap
HapusAssalammu'alaikum. Wr.Wb
BalasHapusSelamat Sore Menjelang Malam.
Mohon Info, Untuk Ujian Tulisnya itu kapan y?
Makasi Atas Infonya
Tunggu saja pemeberitahuan selanjutnya mengenai tes tertulis di email pribadi anda.
HapusAssalammu'alaikum. Wr. Wb
Hapusselamat Pagi Menjelang Sore
Demi Pembangunan/Kemajuan Desa
Khusus Untuk Putra Daerah Diprioritaskan gak dlm Seleksi tsb?
Sepertinya begitu karena pendaftaran tidak bisa lintas provinsi. Pemilik ktp provinsi A tidak bisa mendaftar di provinsi B
HapusAssalammu'alaikum Wr. Wb.
HapusSelamat Pagi Menjelang Siang.
Jika Pendaftar Termasuk/Menjadi Anggota Salah Satu Partai Politik.
Bila Sudah Lulus/Diterima, Apakah Harus Berhenti Dari Organisasi Partai nya?
Harusnya begitu pak, karena artinya sudah melanggar Standar Perilaku (Code of Conduct) mengenai Jabatan Publik yang berbunyi "Setiap Pendamping Desa tidak diperbolehkan mengikuti pencalonan dalam pemilihan dan menduduki jabatan publik termasuk dalam kepengurusan partai politik".. Jika ada menemukan hal yang seperti ini dan ada buktinya segera saja dilaporkan.
HapusJika Ketemu Hal Tsb,Melaporkannya Kemana Pak?
HapusWah serius nih pak Welson ! Kalau memang saat ini bapak punya bukti kuat kenapa harus nunggu orang itu diterima atau lulus? Bapak bisa tulis laporan resmi via email lengkap dengan identitas pelapor ke :
Hapus1. pansel.pendamping@kemendesa.go.id
2. panselpp2016.namaprovinsi@outlook.com misal sulawesi tengah berarti emailnya menjadi panselpp2016.sulteng@outlook.com
Siapa tau 2 alamat diatas tidak menanggapi, maka bapak laporkan saja ke Satuan Kerja Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Kantor BPMPD Prov dimana bapak tinggal. Laporkan saja tertulis supaya ada bukti laporan bagi pihak yang akan menindaklanjuti laporan tsb.
Makasi Informasinya Pak.
HapusKarena Menurut Saya Hal2 Seperti Itu Haruslah DiTanggapi dgn Sangat2 Serius.
Dan Bagi Saya itu
Adalah Informasi/Pengetahuan Yg Sangat Penting Pak.
Siapa Tau Di Propinsi/Desa Lainnya Ada Kejadian tsb, Jadi utk Follow Up/Eksekusinya Cepat & Tepat.
Demi Pembangunan Desa2 Diseluruh Indonesia.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuskalau surat tugas dari atasan untuk dinas ke luar kota dalam tugas kantor bisa gak dijadikan dokumen pendukung??
BalasHapussepertinya tidak perlu...
Hapusnanya mas kalau sudah krim berkas seandainya sampai dengan tanggal 16 mei ini tidak ada email balsan bearti dinyatakan gugur apa gak?
BalasHapusTunggu saja pemeberitahuan selanjutnya mengenai tes tertulis dari pansel provinsi di email pribadi anda.
HapusEmail yang saya pakai saat input data ada yang salah (satu karakter yaitu ada titik), tapi tetap berhasil. Sehingga saya tidak mendapat jawaban konfirmasi ke email saya. Tetapi pada saat saya mencetak kartu perserta, saya masukkan NIK dan EMAIL yang sudah benar, baru saya mendapat konfirmasi dan dapat mencetak kartu. Pertanyaannya : APAKAH DENGAN OTOMATIS EMAIL SAYA DISERVER SUDAH IKUT TERPERBAIKI, KARENA SUDAH MENDAPAT JAWABAN DAN SAYA MENGGUNAKAN EMAIL INI UNTUK MENGIRIMKAN BERKAS..?? MOHON PENJELASAN ADMIN.. THANKS
BalasHapusYa alamat email berarti sudah diupdate dengan yang baru
HapusMalam min, ane baru daftar n sukses, n pengiriman berkas paling lambat smp tanggal berapa min ? Apa sm dgn tgl akhir pendaftaran tgl 16 mei 2016 ?
BalasHapusPendaftaran dan pengiriman berkas terakhir 16 Mei 2016 pukul 24.00 WIB
BalasHapusTks infox min, mdh2an besok beres ngurus surat keterangan kerja, misalkan nga sempat apa bisa di ganti dengan mengirim SK utk bukti keterangan kerja ?
Hapusklo ada sk di scan aja bisa
Hapussaya sudah kirim berkas softcopy min... tapi balasannya blm ada.. mang lama ya balasannya min, g kayak pada waktu reg online nya.. mksih infonya
BalasHapuskayaknya sudah banyak yang nanya masalah ini, baca saja komentar2 diatas ya
Hapusoiya min.. 1 lagi, apa balasan email pasti ada walaupun saya g lulus berkas?
Hapusmisalnya.. seperti reg online nya, teman saya g memenuhi syarat tetep aja dpt email balasan walau g lolos regestrasinya.. makasih min
maksud saya min, lolos ato ngga lolos berkas' email balasan pasti ada ya min?? makasih min
HapusEmail balasan itu kebanyakan mmg ngga terima, tergantung pansel prov msg2. Atau coba dicek di folder spam emailnya siapa tau masuk disitu. Yang penting email sudah terkirim ke alamat yang benar, tinggal nunggu email pemberitahuan untuk mengikuti tes tertulis melalui email masing2 peserta.
Hapussaya salah memasukkan alamat email saat registrasi dan ketika saya mencoba registrasi ulang ternyata tidak bisa karena data saya sudah terdaftar, tapi saya tidak menerima email balasan karena email pertama salah.
BalasHapusapa ada solusinya untuk bisa mendapatkan nomor registrasi peserta?
Coba masuk ke menu CETAK di website pendaftaran, masukkan NIK ktp 16 digit pada kolom 1, masukkan email yang BENAR di kolom nomor 2. Jika memang sudah terdaftar seharusnya anda bisa mencetak kartu dengan cara ini.
HapusSaya sudah kirim pak... tapi belum menerima email
BalasHapusMau tanya untuk soft Copi harus di emailkan hari ini juga ini saya kirim tidak bisa gagal terus ...min
BalasHapusHarus malam ini juga karena terakhir penutupan pukul 24.00 WIB !! Usahakan harus bisa terkirim softcopy dokumennya, pake laptop jgn pake hp/smartphone. Kalau sudah pake laptop tapi masih gagal juga mungkin karena sinyal yang putus-putus, koneksinya harus stabil. Cari tempat yang sinyalnya bagus tinggal 1 jam lagi.
HapusMaaf mengangu waktunya pak.law bsa persyaratan pendaftaran pendamping desa jangan d persulit..contohny harus ad pengalaman bidang pembangunan masyarakat bagi srata satu..5 tahun...sbnrny banyak peminat yg mendaftar tujuan untuk memajukan desa nya..law bsa usul lebih baik banyak ujian bidang pengetahuan bidang pembangunan desa ..untuk melihat kemampuan peserta dari pd bnyk persyaratan pendaftaran...krn hmpir sebagian besar masyarakt indonesia sdikit pengalaman dlam pemerintahan desa..atas kerja sama sya ucapkan terimah kasih...
BalasHapusAlhamdulillah sudah bisa terkirim min softcopinya makasih segala infonya ... Makasih semua.yang terbaik untuk kita semua. Amien.....
BalasHapusAlhamdulillah sudah bisa terkirim min softcopinya makasih segala infonya ... Makasih semua.yang terbaik untuk kita semua. Amien.....
BalasHapusYa min .... Ternyata masalah sinyal mungkin karena sedang gerimis ... Harus naik ke tempat yang tinggi dulu... Ya Alhamdulillah jadi...
BalasHapusSyukurlah bu, semoga aja sukses diterima nantinya
Hapuskapan pengumuman test selanjutnya lulus atau tidak proses administrasi dan lanjut ke test tertulis
BalasHapusBaca infonya di artikel terbaru ya
Hapusalamatnya
HapusSaya sudah mendaftar pada tanggal 16 Mei 2016, tapi saya belum mengirim berkas Dokumen softcopy, apakah bisa saya kirim besok pak admin?mohon bantuan terimakasih
BalasHapusKalo aja bisa mas pakai Tiki or Poss
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapuslewat tiki or pos mas kalo bisa
Hapussaya sudh cetak kartu peserta cuma belum mengirim file dokumen persyratannya,apakah masi bisa krim ko pa admin?trima kasih....
BalasHapusCoba saja dikirimkan, kalo email panselnya masih aktif biasanya bisa masuk kiriman emailnya. Ini masih verifikasi data, yang tercatat sudah registrasi tapi dokumen tidak ada akan tersingkir
HapusMaaf, admin...tlg infonya...
BalasHapusUntuk PLD di Kabupaten Bengkalis Riau ada ngak...? Trima ksih
Kuota PLD di provinsi Riau tahun ini 0 (nihil). Jumlah kuota 147 org.
HapusBisa dilihat pada aartikel Daftar Kuota Pendamping Desa 2016
Mlm admin,smpai mlm ini sya blm bsa kirim scan data,apa msh ad ksmpatan?mhon ket
BalasHapusKoq msh blm kirim kenapa?
HapusKrn alat scan didesa blm ada hrus ke kota kmdian info ttg ini ddpat dihari trkhir pndftaran jdi yg trctak hy kartu ujiany tnpa scan ktp
HapusOh gitu ya, sbnrnya kl tdk ada scanner bs aja disiasati smtra pake kamera ponsel. Cb aja sgr dikkirim ya siapa tau msh diterima yg penting usaha dl
HapusBapak yth sya dah krim format berkas lamaran dri email kok tdk ada jwban balik?apakah sy masih masuk mnj peserta atau tdk?
BalasHapusSudah aja pak tidak perlu ditunggu email balasan pengiriman dokumen itu, ada pansel prov yang balas banyak juga yang tidak. Bapak pastikan saja email bapak terkirim ke alamat tujuan yang benar. Kalau email tujuan sudah benar dan di folder email terkirim ada berarti ngga bakalan nyasar. Tunggu saja kabar untuk tes tahap berikutnya.
HapusNo ujian sy 50569400 mhn bls bpk
BalasHapusTgl brp terahir pengiriman berkas untuk Propinsi Sulbar Pak ? Mohon diblz..
BalasHapus