Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengumuman Hasil Tes Pendamping Desa Diumumkan Senin 20 Juni 2016

Pengumuman Hasil Tes Pendamping Desa Diumumkan Senin 20 Juni 2016 - Hasil Evaluasi Kualifikasi Pendamping Desa 2016 - Setelah sempat menimbulkan kegaduhan akibat tertundanya pengumuman hasil seleksi aktif pendamping desa yang rencananya diumumkan tanggal 13/6 kemarin oleh Kemendesa, akhirnya muncul juga pernyataan dari salah satu tim seleksi pusat yaitu Arbit Manika yang mengatakan bahwa pengumuman resmi hasil tes pendamping desa 2016 akan diumumkan pada hari Senin tanggal 20 Juni 2016 nanti. Sebagaimana berita yang dilansir oleh Seputarsulawesi.com, Arbit Manika yang juga Tenaga Ahli Nasional Pendamping Desa mengatakan bahwa saat ini Tim Seleksi (Timsel) di seluruh provinsi sedang menyelesaikan tahapan akhir dari rekrutmen pendamping desa tahun ini yaitu tahap evaluasi kualifikasi peserta yang dinyatakan lulus psikotes. Berikut keterangan yang disampaikan oleh Arbit Manika melalui seputarsulawesi.com Kamis 16/6.  

Arbit Manika
Arbit Manika menyerahkan hasil tes psiko ke Ketua Timsel Provinsi, Prof. Laode Asrul (Seputarsulawesi.com)

Seputarsulawesi.com - Seleksi pendamping desa sudah masuk tahap akhir yakni tes kualifikasi. Dokumen hasil tes psiko diantar langsung Timsel Kemendes untuk diserahkan ke Timsel Provinsi. Ketua Timsel Rekrutmen Pendamping Desa, Prof. Laode Asrul menerima langsung dokumen hasil tes psiko dari Timsel Kemendes yang diwakili Arbit Manika di Unhas, Kamis (16/6). 

Arbit Manika yang mewakili Timsel Kemendes membenarkan bahwa dokumen hasil tes psiko dari UIN Jakarta sudah diserahkan ke Kemendes dalam bentuk hard copy tersegel. Kemudian, hasil tes psiko itu diantar ke provinsi untuk digunakan dalam prose tes kualifikasi.

"Hari ini, Timsel Kemendes membawa dokumen itu ke daerah propinsi masing-masing untuk dibuka bersama Timsel Propinsi. ", jelasnya salah satu Tenaga Ahli Pendamping Desa ini kepada Jalur9.com. Rekomendasi hasil tes psiko ini kemudian ditetapkan oleh Timsel sebagai peserta.

"Setelah membawa hasil tes psiko, malam ini Timsel akan kerja maraton untuk menyelesaikan proses tes kualifikasi," tambahnya. Ia melanjutkan rencana minggu sudah rampung dan Senin (20/6) sudah bisa diumumkan hasil akhir seleksi pendamping desa profesional.

Sebelumnya Arbit Manika kepada juga sempat menyampaikan bahwa untuk menutupi kekurangan kuota tenaga pendamping profesional di tiap provinsi, Kemendesa rencananya akan kembali melaksanakan rekrutmen gelombang ke-2. Info sementara dari berbagai sumber, seleksi gelombang ke-2 tahun 2016 ini akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti setelah lebaran. Kapan pastinya masih belum ada keterangan resmi, yang pasti tentunya setelah pengumuman hasil tes pendamping tahap pertama diumumkan disemua provinsi sehingga tidak akan menimbulkan polemik baru lagi.

Bagi para peserta seleksi yang sampai saat ini masih mempertanyakan seperti apa acuan penilaian psikotes dan evaluasi kualifikasi, gambar berikut ini adalah perbedaan antara panduan rekrutmen lama dan panduan yang telah direvisi tanggal 23 Mei 2016.

Panduan Rekrutmen Lama
Panduan Rekrutmen Lama

Panduan Rekrutmen Revisi
Panduan Rekrutmen Revisi

Dari gambar diatas sudah jelas perbedaannya yaitu dalam panduan lama untuk hasil psikotes ada 3 opini: (1)Disarankan (bobot nilai sama dengan atau lebih dari 60); (2)Dipertimbangkan (bobot nilai 40 s/d 59) dan (3)Tidak disarankan (bobot nilai kurang dari 40 yang berarti TIDAK LULUS). Sementara itu dalam panduan revisi hanya terdapat 2 opini saja untuk hasil psikotes yaitu (1)Disarankan (bobot nilai sama dengan atau lebih dari 60) dan (2)Tidak disarankan=TIDAK LULUS (bobot nilai kurang dari 60).


Sedangkan untuk pengumuman hasil seleksi, baik panduan lama atau panduan revisi sudah jelas mengatur bahwa Satker Pusat wajib mengumumkan daftar peserta yang dinyatakan LULUS dan TIDAK LULUS beserta NILAI masing-masing peserta melalui halaman website Kemendesa.

Bagi peserta yang ingin membaca lagi seperti apa panduan penilaian evaluasi kualifikasi untuk setiap posisi yang dilamar, silahkan mengunduh panduan rekrutmen revisi 23 Mei 2016 pada link tautan dibawah ini.

15 komentar untuk "Pengumuman Hasil Tes Pendamping Desa Diumumkan Senin 20 Juni 2016"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. YG bilang tgl 20 juni kan Arbit Manika dr Timsel Pusat itu pak bukan admin blog ini lho! Apa perlu beritanya dihapus aja ya biar ngga pd ribut disini??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Setiap informasi perlu dishare, masalah di kemudian hari ternyata mbleset itu kehendak Allah. Manusia hanya berencana tapi Allah yang menentukan.

    BalasHapus
  4. Lah karepku yo ngono lho pak ! Apiik komentare sampeyan, krungu nang kuping penak..nang ati yo penak..

    BalasHapus
  5. Ini jawaban Kemendesa hari ini melalui SMS:
    Selamat siang. terimakasih telah menggunakan layanan sms pengaduan kami. Hasil rapat telah ditentukan berdasarkan perhitungan yang matang mengingat hasil psikotes bukan hasil akhir sehingga tidak diumumkan. Saat ini sudah memasuki tahap akhir yaitu evaluasi kualifikasi keseluruhan. hasil tahap tersebut akan diumumkan secara resmi dan serentak melalui website kami di pendamping2016.kemendesa.go.id.Perihal tanggal pengumuman belum ditentukan dikarenakan menunggu kesiapan beberapa provinsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesimpulan dari jawaban Kemendesa diatas juga bisa diartikan bahwa pengumuman akhir akan dilakukan jika seleksi ulang di Nias sudah dilaksanakan. Jadi cepat lambatnya pengumuman akan tergantung hasil akhir pengumuman di Nias, NTT, Papua dan Papua Barat yang merupakan daerah2 yang terlambat pelaksanaan tes tulis dan psikotesnya.

      Hapus
    2. Kalau di NTT jadwalnya sudah ada,,,,dan NTT sudah melaksanakan Tes Tertulis dan Psikotes dan sekarang tinggal menunggu hasil Psikotes yang sesuai Jadwal akan diumumkan tanggal 22 Juni ini dan untuk Hasil Akhir akan diumumkan pada tanggal 1 Juli nanti,,,,

      Hapus
    3. Itulah maksudnya kawan, tanggal 1 Juli pengumuman di NTT bagaimana dengan Nias yang sampai detik ini belum jelas nasibnya? Sedangkan yang dimaksud dengan pengumuman serentak oleh Kemendesa itu sudah jelas artinya untuk 33 provinsi pada waktu yang bersamaan bukan? Jadi kita pastikan saja pengumuman akan keluar di bulan Juli, sedangkan tanggalnya silahkan diprediksi menurut hasil terawangan masing-masing he he

      Hapus
    4. Bukann hanya Niass,,,Papua dan Papua Barat saja Hassil Tes Tertulisnya belum keluarapalagi psikotes? hahahaha,,,,,,kalau mau serempak semua provinsi berarti ditunda lagi jadwalnya....

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. GAK Jelas Semua Informasinya... pernyataan dari Tim Seleksi Pusat Arbit Manika yang mengatakan bahwa pengumuman resmi hasil tes pendamping desa 2016 akan diumumkan pada hari Senin tanggal 20 Juni 2016. Menunggu Lagi sampai Tgl 30 JULI 2016 Gak Tau pasti ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh..info dimana pak Nuzul Ahmad? Koq tmbh lama lg sampai akhir juli ya? Pd ngga konek semua nih omongan timsel sm direktur PMD..mmg kacau kemendesa !!

      Hapus
  7. Hehehehe . . Lebih Lama Nunggunya gpp yg penting pasti omongannya.., seandainya di majukan sebelum Tgl 30 JULI 2016 lebih KreeN.,, dari Pada Omongan mereka di Undur terus Pengumumannya..., Takutnya ntar yang UdaH Lolos Gaji merekapun Nanti Bakalan di Tunda dan di undur ...

    BalasHapus
  8. Hua ha ha..bisa aja sampeyan rupanya..sambil menghibur diri ya pak he he

    BalasHapus