Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Pelatihan Pratugas PDP dan PDTI 2016

Modul Pelatihan Pratugas PDP dan PDTI 2016 – Saat ini sebanyak 2.306 Tenaga Ahli Kabupaten/Kota sedang mengikuti pelatihan pratugas yang dilaksanakan secara serentak di 8 lokasi regional Konsultan Pendampingan Wilayah (KPW). Pratugas TA telah dimulai sejak tanggal 29 September 2016 kemarin dan akan berakhir secara nasional pada tanggal 10 Oktober 2016. Selanjutnya, bagi para calon Pendamping Desa baik itu Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) maupun Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) juga akan segera mengikuti pelatihan pratugas yang menurut rencana (jadwal resmi belum ditentukan) akan dimulai pada minggu ke-4 Oktober dan berakhir pada minggu pertama November 2016 selama kurang lebih 12 hari. Nah sebagai modal sekaligus bekal mengikuti pelatihan nanti, silahkan dibaca, dipelajari dan disimak dulu bahan-bahan bacaan berupa modul pelatihan pratugas PD berikut ini.

Modul Pelatihan Pratugas PDP dan PDTI 2016
Modul Pelatihan Pratugas PDP dan PDTI 2016

Semua materi/modul pelatihan pratugas disiapkan oleh Konsultan Nasional Pengembangan Kapasitas Masyarakat Desa (KN-PKMD) pusat, dibantu oleh Konsultan Nasional Pengembangan Program (KNPP) dan Konsultan Pendampingan Wilayah (KPW), serta tenaga ahli eksternal sesuai kebutuhan Direktorat PMD.

Tenaga pelatih utama berasal dari tenaga ahli provinsi dan Tenaga Ahli Kabupaten/Kota. KN-PKMD bertanggungjawab mengkoordinasikan kesiapan tim pelatih, dengan dibantu oleh KNPP dan KPW berdasarkan penugasan dari Direktorat PMD, Ditjen PPMD. Seluruh tenaga pelatih dimaksud, sebelumnya diwajibkan mengikuti kegiatan Training of Trainers (TOT) pelatihan pratugas Pendamping Desa.

Jumlah tenaga pelatih sebanyak 1.203 orang yang diperhitungkan dengan komposisi 1 kelas (maksimal 30 orang peserta) dilatih oleh 3 orang pelatih. Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti pelatihan pratugas PD secara nasional berjumlah 11.995 orang dari 33 provinsi. Detail jumlah pelatih, peserta  dan jumlah kelas pelatihan di masing-masing provinsi sebagai berikut:

Peserta Pratugas PD 2016


Output dari hasil pratugas pendamping desa tahun 2016 ini diharapkan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya mengingat dari segi materi pelatihan sudah ada pembedaan kompetensi khusus antara PD-Pemberdayaan dan PD-TI. Dengan demikian nantinya kedua PD yang berada di kecamatan bisa lebih fokus dengan tupoksi mereka masing-masing dalam melaksanakan tugas pendampingan sesuai dengan kompetensi khusus yang diberikan dalam pelatihan pratugas ini.

Demikian info update tentang Modul Pelatihan Pratugas PDP dan PDTI 2016 ini, semoga bermanfaat. Untuk modul silahkan anda download pada link tautan dibawah artikel ini. Untuk info update mengenai pratugas PLD akan disampaikan pada update artikel berikut, terimakasih.

7 komentar untuk "Modul Pelatihan Pratugas PDP dan PDTI 2016"

  1. Mohon informasi kejelasan pelatihan pratugas pld...

    BalasHapus
  2. Kalimantan Barat kok gak ada ?

    BalasHapus
  3. Wah sembunyi dimana tuh kalbar mbak? Kita cariin yuk..!

    BalasHapus
  4. semoga lancar pelatihannya dan yang pld jambi bisa segera dilaksanakan .amin

    BalasHapus
  5. Klanjutan PLD gmn nih ko g pernah d bahas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. PLD tunggu november pelatihan di kabupaten pak

      Hapus