Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Solusi Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently

Penyebab dan Solusi Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently - Banyaknya calon pelamar Pendamping Desa 2016 yang mendapat masalah gagal mengirim email ke alamat panselpp2016 beberapa hari belakangan ini cukup menjadi perhatian. Pesan notifikasi kegagalan pengiriman email yang diterima peserta kebanyakan berupa notifikasi seperti ini: “Delivery to the following recipient failed permanently”. Berdasarkan hasil laporan dari pengguna web serta pengamatan dan pengujian yang dilakukan sendiri oleh penulis, banyak peserta yang tidak hati-hati dan terburu-buru dalam mengirim email sehingga terjadi kesalahan. Kemudian saat menerima email notifikasi balasan otomatis “delivery to the following recipient failed permanently”, peserta pun tidak berusaha mencoba memastikan kembali apakah email yang dikirim tadi alamatnya  sudah benar atau belum. Berikut ini penjelasan penyebab dan solusi masalah gagal pengiriman email “delivery to the following recipient failed permanently”.

Penyebab Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently

Perlu anda ketahui bahwa pesan kesalahan Delivery Status Notification (Failure) memiliki penyebab dan solusi yang berbeda untuk tiap kasusnya. Jadi jangan artikan kalau 10 orang yang mengirim email ke panselpp2016 dan menerima pesan seperti diatas maka 10 orang tersebut mempunyai masalah yang sama. Untuk itu penulis mencoba meminta feedback (umpan balik) dari peserta mengenai email notifikasi yang mereka terima secara lengkap agar bisa diketahui persis masalahnya. Alhamdulillah akhirnya ada juga peserta yang menanggapi permintaan saya.

Dibawah ini adalah contoh notifikasi yang dikirimkan oleh mas Dedy Kurniawan dari Jambi ( tks ya mas..! ):

---------- Forwarded message ----------
From: Mail Delivery Subsystem <mailer-daemon@googlemail.com>
Date: 2016-05-08 0:31 GMT+07:00
Subject: Delivery Status Notification (Failure)
To: kurniawan.1986.dk@gmail.com

Delivery to the following recipient failed permanently:

     panselpp2016jambi@outlook.com

Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the server for the recipient domain outlook.com by mx2.hotmail.com. [65.55.37.72].

The error that the other server returned was:
550 Requested action not taken: mailbox unavailable

>>Jika kita terjemahkan artinya adalah:

---------- Pesan terusan ----------
Dari: Pengiriman Surat Subsystem <mailer-daemon@googlemail.com>
Tanggal: 2016/05/08 00:31 GMT + 07: 00
Subjek: Delivery Status Notification (Failure)
Untuk: kurniawan.1986.dk@gmail.com

Pengiriman ke penerima berikut ini gagal secara permanen:

      panselpp2016jambi@outlook.com

Rincian teknis dari kegagalan permanen:
Google mencoba untuk menyampaikan pesan Anda, tetapi ditolak oleh server untuk penerima outlook.com domain dengan mx2.hotmail.com. [65.55.37.72].

Kesalahan yang server lainnya kembali adalah:
550 tindakan Diminta tidak diambil: kotak surat tidak tersedia

Penyebab Masalah :
Perhatikan dengan cermat pada alamat email panselpp2016 dan kode kesalahan 550 yang saya cetak tebal. Penyebab masalah ini sangat sepele yaitu kesalahan penulisan alamat email panselpp2016 yang KURANG TANDA TITIK. Pada notifikasi tertulis jelas panselpp2016jambi@outlook.com padahal SEHARUSNYA panselpp2016.jambi@outlook.com. Akibatnya anda akan menerima notifikasi gagal kirim pesan dengan kode error 550 yang artinya kotak surat tidak tersedia atau alamat email tujuan tidak ada.

Notofikasi kode error 550 juga akan anda terima jika anda salah menuliskan alamat email tujuan seperti dibawah ini yang juga dialami beberapa peserta:
panselpp2016.jateng@outlook.co <kurang 1 huruf (m) pada nama provider outlook.com>
panselpp2016.kalsel@outlok.com <kurang 1 huruf (o) pada nama provider outlook.com>

Solusi Masalah :
Silahkan kirimkan kembali dokumen pendukung anda ke alamat email panselpp2016 dengan penulisan yang benar. Cara mudah untuk melakukan pengecekan apakah anda sudah mengirimkan ke alamat email yang benar mudah saja.

1. Buka folder Pesan Terkirim atau Sent Email.

gmail-1

2. Klik tanda panah kecil dibawah tulisan alamat pansel kemudian pilih Tampilkan detail.

gmail-2

3. Dengan cara ini pastikan bahwa anda sudah menuliskan alamat email tujuan dengan benar seperti contoh yang saya tanda warna merah. Pastikan jangan sampai ketinggalan tanda baca (titik) atau ketinggalan 1 huruf pun saat menuliskan alamat email tujuan panselpp2016.

Contoh Kasus Lain Masalah Delivery Failure

Notifikasi :
Delivery to the following recipient failed permanently :
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the recipient domain. We recommend contacting the other email provider for further information about the cause of this error. The error that the other server returned was: 552 552 5.3.4 Message size exceeds fixed maximum message size (state 17).

Penjelasan :
Pesan diatas diterima setelah GAGAL mengirim email ke provider Yahoo.mail.
Penyebab masalah : kode 552-5.3.4 artinya "Ukuran pesan (email yang dikirim) melebihi batasan ukuran pesan maksimum". Atau bahasa gampangnya email yang anda kirim beserta lampirannya ukuran TERLALU BESAR.

Solusi :
Kompresi lampiran email dengan cara kompresi image dan folder dalam format RAR seperti dijelaskan pada artikel Panduan Cara Pengiriman Email. Setiap provider email memiliki limit batasan ukuran pesan yang dapat terkirim dan pesan yang dapat diterima. Jadi ikuti petunjuk dari panitia seleksi bahwa besar lampiran email jangan sampai lebih besar dari 15 MB.

Contoh lain dengan kode masalah: 552-5.7.0 artinya "Pesan diblokir karena isinya mengandung potensi masalah keamanan". Pada kasus ini pesan dianggap sebagai SPAM karena “dicurigai” mengandung konten lampiran yang berbahaya (virus, fishing mail, dll).

Jika ada kawan-kawan yang menerima notifikasi dengan kode kesalahan lainnya, silahkan di-share melalui kolom komentar agar bisa dicari penyebab dan solusinya segera. Sekian dulu penjelasan singkat tentang Penyebab Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently ini, dimohon feedbacknya jika dijumpai masalah lain. Terimakasih.

14 komentar untuk "Penyebab dan Solusi Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. saya sudah kirim filenya tapi kok sampe sekarang gk ada balasan apa pesan saya masuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting kalau dicek di pesan terkirim ada apa tidak? Kalau sudah terkirim dan alamatnya sudah benar berarti aman. Masalah balasan ucapan terimakasih tidak usah ditunggu karena ada yang terima ada yang tidak. Yang patut ditungguin itu email panggilan untuk mengikuti tes tertulis.

      Hapus
  3. Pada saat krim email ke propinsi saya lupa mencantumkan nama subjeknya,,apakah bisa dikrim kedua kalinya??mohon informasinya trima kasih,,

    BalasHapus
  4. Pada saat krim dokumen sofcopy ke email propinsi saya luoa mencantumkan nama subjeknya saja apa bisa dikrim kedua kalinya??mohon informasinya terima kasih

    BalasHapus
  5. kasusnya hampir sama akan tetapi saya ini mengirimya ke banyak (ratusan) email mas
    tapi semuanya itu ga bisa dan bacaanya mail delivery deffered / delivery to the followig recepient failed permanently
    itu gmna solusinya ?

    BalasHapus
  6. Delivery to the following recipient failed permanently:

    hrd_spv_rec_1@mlg.indomaret.co.id

    Technical details of permanent failure:
    Google tried to deliver your message, but it was rejected by the server for the recipient domain mlg.indomaret.co.id by mail1.intraco.co.id. [103.17.58.21].

    The error that the other server returned was:
    552 size limit exceeded


    Kayak gini kenapa ya ka?solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. File lampiran email anda melebihi batas maksimal 25MB (megabyte). Tinggal dikompresi aja (kecilkan) mungkin ada file gambar/hasil scan yang ukurannya besar.

      Hapus
  7. Kalo permasalahan saya 550.5.1.1 itu apa ya ? Tolong dibantu Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya alamat email tujuan tidak ada atau salah ketik !! Cek lagi alamat email tujuannya apakah sudah benar. Kurang 1 huruf atau tanda titik saja bisa mengakibatkan gagal pengiriman.

      Hapus
  8. Saya kirim email ke blabla@bersedia.com kok gak terkirim? Saya ingin melamar kerja disana. Mohon jawabannya.

    BalasHapus
  9. Kalo masalah seperti ini bagaimana ya Pak.


    This message was created automatically by mail delivery software.

    A message that you sent could not be delivered to one or more of its recipients. This is a permanent error. The following address(es) failed:

    feny.ancol@gmail.com
    host gmail-smtp-in.l.google.com [74.125.200.27]
    SMTP error from remote mail server after end of data:
    550-5.7.1 [182.253.220.86] The IP address sending this message does not have a
    550-5.7.1 PTR record setup. As a policy, Gmail does not accept messages from
    550-5.7.1 IPs with missing PTR records. Please visit
    550-5.7.1 https://support.google.com/mail/answer/81126#authentication for more
    550 5.7.1 information. v11si4158117plg.187 - gsmtp

    BalasHapus
  10. Anda melakukan pengiriman email dengan software pengirim email massal untuk banyak penerima. Satu atau lebih alamat email penerima sudah tidak aktif lagi. Coba kirim emailnya satu persatu saja..

    BalasHapus