Penyebab dan Solusi Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently
Penyebab dan Solusi Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently - Banyaknya
calon pelamar Pendamping Desa 2016 yang mendapat masalah gagal mengirim email ke alamat panselpp2016 beberapa
hari belakangan ini cukup menjadi perhatian. Pesan notifikasi kegagalan
pengiriman email yang diterima peserta kebanyakan berupa notifikasi seperti
ini: “Delivery to the following recipient
failed permanently”. Berdasarkan hasil laporan dari pengguna web serta
pengamatan dan pengujian yang dilakukan sendiri oleh penulis, banyak peserta
yang tidak hati-hati dan terburu-buru dalam mengirim email sehingga terjadi kesalahan. Kemudian
saat menerima email notifikasi balasan otomatis “delivery to the following
recipient failed permanently”, peserta pun tidak berusaha mencoba memastikan
kembali apakah email yang dikirim tadi alamatnya sudah benar atau belum. Berikut ini
penjelasan penyebab dan solusi masalah gagal pengiriman email “delivery to the
following recipient failed permanently”.
Perlu anda ketahui bahwa pesan kesalahan Delivery Status Notification (Failure)
memiliki penyebab dan solusi yang berbeda untuk tiap kasusnya. Jadi jangan artikan
kalau 10 orang yang mengirim email ke panselpp2016 dan menerima pesan seperti
diatas maka 10 orang tersebut mempunyai masalah yang sama. Untuk itu penulis
mencoba meminta feedback (umpan balik) dari peserta mengenai email notifikasi
yang mereka terima secara lengkap agar bisa diketahui persis masalahnya.
Alhamdulillah akhirnya ada juga peserta yang menanggapi permintaan saya.
Dibawah ini adalah contoh notifikasi yang dikirimkan
oleh mas Dedy Kurniawan dari Jambi ( tks ya mas..! ):
---------- Forwarded message ----------
From: Mail Delivery Subsystem
<mailer-daemon@googlemail.com>
Date: 2016-05-08 0:31 GMT+07:00
Subject: Delivery Status Notification (Failure)
To: kurniawan.1986.dk@gmail.com
Delivery to the following recipient failed
permanently:
panselpp2016jambi@outlook.com
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was
rejected by the server for the recipient domain outlook.com by mx2.hotmail.com.
[65.55.37.72].
The error that the other server returned was:
550 Requested action not taken: mailbox
unavailable
>>Jika kita terjemahkan artinya adalah:
---------- Pesan terusan ----------
Dari: Pengiriman Surat Subsystem
<mailer-daemon@googlemail.com>
Tanggal: 2016/05/08 00:31 GMT + 07: 00
Subjek: Delivery Status Notification (Failure)
Untuk: kurniawan.1986.dk@gmail.com
Pengiriman ke penerima berikut ini gagal secara
permanen:
panselpp2016jambi@outlook.com
Rincian teknis dari kegagalan permanen:
Google mencoba untuk menyampaikan pesan Anda,
tetapi ditolak oleh server untuk penerima outlook.com domain dengan
mx2.hotmail.com. [65.55.37.72].
Kesalahan yang server lainnya kembali adalah:
550 tindakan Diminta tidak diambil: kotak surat
tidak tersedia
Penyebab Masalah :
Perhatikan dengan cermat pada alamat email panselpp2016
dan kode kesalahan 550 yang saya cetak tebal. Penyebab masalah ini sangat
sepele yaitu kesalahan penulisan alamat email panselpp2016 yang KURANG TANDA
TITIK. Pada notifikasi tertulis jelas panselpp2016jambi@outlook.com padahal
SEHARUSNYA panselpp2016.jambi@outlook.com. Akibatnya anda akan menerima
notifikasi gagal kirim pesan dengan kode error 550 yang artinya kotak surat
tidak tersedia atau alamat email tujuan tidak ada.
Notofikasi kode error 550 juga akan anda terima jika
anda salah menuliskan alamat email tujuan seperti dibawah ini yang juga dialami
beberapa peserta:
panselpp2016.jateng@outlook.co <kurang 1 huruf (m)
pada nama provider outlook.com>
panselpp2016.kalsel@outlok.com <kurang 1 huruf (o)
pada nama provider outlook.com>
Solusi Masalah :
Silahkan kirimkan kembali dokumen pendukung anda ke
alamat email panselpp2016 dengan penulisan yang benar. Cara mudah untuk
melakukan pengecekan apakah anda sudah mengirimkan ke alamat email yang benar
mudah saja.
1. Buka folder Pesan
Terkirim atau Sent Email.
2. Klik tanda panah kecil dibawah tulisan alamat
pansel kemudian pilih Tampilkan detail.
3. Dengan cara ini pastikan bahwa anda sudah
menuliskan alamat email tujuan dengan benar seperti contoh yang saya tanda
warna merah. Pastikan jangan sampai ketinggalan tanda baca (titik) atau
ketinggalan 1 huruf pun saat menuliskan alamat email tujuan panselpp2016.
Contoh
Kasus Lain Masalah Delivery Failure
Notifikasi
:
Delivery to the following recipient failed
permanently :
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was
rejected by the recipient domain. We recommend contacting the other email
provider for further information about the cause of this error. The error that
the other server returned was: 552 552 5.3.4 Message size exceeds fixed maximum
message size (state 17).
Penjelasan
:
Pesan diatas diterima setelah GAGAL mengirim email ke
provider Yahoo.mail.
Penyebab masalah : kode 552-5.3.4 artinya "Ukuran
pesan (email yang dikirim) melebihi batasan ukuran pesan maksimum". Atau
bahasa gampangnya email yang anda kirim beserta lampirannya ukuran TERLALU
BESAR.
Solusi :
Kompresi lampiran email dengan cara kompresi image dan
folder dalam format RAR seperti dijelaskan pada artikel Panduan Cara Pengiriman Email. Setiap provider email memiliki limit batasan ukuran pesan yang dapat
terkirim dan pesan yang dapat diterima. Jadi ikuti petunjuk dari panitia
seleksi bahwa besar lampiran email jangan sampai lebih besar dari 15 MB.
Contoh lain dengan kode masalah: 552-5.7.0 artinya
"Pesan diblokir karena isinya mengandung potensi masalah keamanan". Pada
kasus ini pesan dianggap sebagai SPAM karena “dicurigai” mengandung konten
lampiran yang berbahaya (virus, fishing mail, dll).
Jika ada kawan-kawan yang menerima notifikasi dengan
kode kesalahan lainnya, silahkan di-share melalui kolom komentar agar bisa
dicari penyebab dan solusinya segera. Sekian dulu penjelasan singkat tentang Penyebab Masalah Delivery To The Following Recipient Failed Permanently ini, dimohon feedbacknya jika dijumpai masalah
lain. Terimakasih.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapustks mas....
BalasHapussaya sudah kirim filenya tapi kok sampe sekarang gk ada balasan apa pesan saya masuk?
BalasHapusYang penting kalau dicek di pesan terkirim ada apa tidak? Kalau sudah terkirim dan alamatnya sudah benar berarti aman. Masalah balasan ucapan terimakasih tidak usah ditunggu karena ada yang terima ada yang tidak. Yang patut ditungguin itu email panggilan untuk mengikuti tes tertulis.
HapusPada saat krim email ke propinsi saya lupa mencantumkan nama subjeknya,,apakah bisa dikrim kedua kalinya??mohon informasinya trima kasih,,
BalasHapusPada saat krim dokumen sofcopy ke email propinsi saya luoa mencantumkan nama subjeknya saja apa bisa dikrim kedua kalinya??mohon informasinya terima kasih
BalasHapuskasusnya hampir sama akan tetapi saya ini mengirimya ke banyak (ratusan) email mas
BalasHapustapi semuanya itu ga bisa dan bacaanya mail delivery deffered / delivery to the followig recepient failed permanently
itu gmna solusinya ?
Delivery to the following recipient failed permanently:
BalasHapushrd_spv_rec_1@mlg.indomaret.co.id
Technical details of permanent failure:
Google tried to deliver your message, but it was rejected by the server for the recipient domain mlg.indomaret.co.id by mail1.intraco.co.id. [103.17.58.21].
The error that the other server returned was:
552 size limit exceeded
Kayak gini kenapa ya ka?solusinya?
File lampiran email anda melebihi batas maksimal 25MB (megabyte). Tinggal dikompresi aja (kecilkan) mungkin ada file gambar/hasil scan yang ukurannya besar.
HapusKalo permasalahan saya 550.5.1.1 itu apa ya ? Tolong dibantu Thx
BalasHapusArtinya alamat email tujuan tidak ada atau salah ketik !! Cek lagi alamat email tujuannya apakah sudah benar. Kurang 1 huruf atau tanda titik saja bisa mengakibatkan gagal pengiriman.
HapusSaya kirim email ke blabla@bersedia.com kok gak terkirim? Saya ingin melamar kerja disana. Mohon jawabannya.
BalasHapusKalo masalah seperti ini bagaimana ya Pak.
BalasHapusThis message was created automatically by mail delivery software.
A message that you sent could not be delivered to one or more of its recipients. This is a permanent error. The following address(es) failed:
feny.ancol@gmail.com
host gmail-smtp-in.l.google.com [74.125.200.27]
SMTP error from remote mail server after end of data:
550-5.7.1 [182.253.220.86] The IP address sending this message does not have a
550-5.7.1 PTR record setup. As a policy, Gmail does not accept messages from
550-5.7.1 IPs with missing PTR records. Please visit
550-5.7.1 https://support.google.com/mail/answer/81126#authentication for more
550 5.7.1 information. v11si4158117plg.187 - gsmtp
Anda melakukan pengiriman email dengan software pengirim email massal untuk banyak penerima. Satu atau lebih alamat email penerima sudah tidak aktif lagi. Coba kirim emailnya satu persatu saja..
BalasHapus