Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LOWONGAN PENERIMAAN CPNS TAHUN 2019


LOWONGAN PENERIMAAN CPNS TAHUN 2019 – Pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 telah disampaikan oleh Kementerian PAN RB pada tanggal 28 Oktober 2019 yang lalu. Pada pengumuman tersebut diinformasikan bahwa pada tahun 2019 ini akan dibuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di 68 Kementerian/Lembaga dan 462 Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota. Pendaftaran CPNS akan mulai dibuka pada tanggal 11 November 2019 secara online melalui SSCASN BKN. Sedangkan proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) direncanakan dumulai bulan Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret 2020.

Pendaftaran CPNS 2019
Sumber foto: menpan.go.id

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo melalui laman situs menpan.go.id menyampaikan bahwa Pemerintah telah resmi membuka 152.250 formasi CPNS Tahun 2019 yang terdiri dari Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi dan Instansi Daerah sebanyak 114.825 formasi CPNS. Tjahjo Kumolo juga mengungkapkan bahwa rekrutmen CPNS 2019 ini menggunakan sistem yang transparan, akuntabel dan bebas dari praktik KKN. “Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, mulai tahun 2019 fokus pemerintah adalah Pembangunan Sumber Daya Manusia. Maka prioritas rekrutmen CPNS tahun ini adalah untuk memenuhi bidang pendidikan, kesehatan dan tenaga teknis atau profesional lainnya”, ungkap Tjahjo Kumolo di Jakarta beberapa waktu lalu.



Sementara itu, Deputi Bidang Aparatur Setiawan Wangsa Atmaja menerangkan bahwa formasi CPNS terdiri dari formasi umum atau reguler dan formasi khusus. Untuk formasi khusus terdiri dari cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada instansi pusat dan daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua/Papua Barat serta formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat seperti Cyber Security. Penetapan formasi berdasarkan pada analisis jabatan dan analisis beban kerja.


Posting Komentar untuk "LOWONGAN PENERIMAAN CPNS TAHUN 2019"